Usir rasa jenuh saat melakukan presentasi

3 03 2008

Salah satu penunjang keberhasilan dalam pekerjaan adalah melakukan presentasi dengan baik karena presentasi dapat menunjukan profesionalitas dan kredibilitas. Tetapi tak jarang, presentasi adalah salah satu cara ampuh membuat orang tertidur.

Kesalahan yang paling sering dibuat saat presentasi adalah pembicaraan yang tidak focus dengan topic pembicaraan sehingga membuat orang lain kesal. Akibatnya, pesan yang dibawa tidak sampai.

Walaupun terlihat sepele, ada kalanya dalam presentasi kita melupakan hal-hal berikut :

Bersikap efisien dan efektif. Berbicaralah dengan suara lantang, tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat. Gunakanlah kalimat yang tidak terlalu bertele-tele, serta jangan ragu untuk menggunakan intonasi nada untuk memberi penekanan pada kata-kata tertentu sehingga inti pembicaraan jadi lebih mudah ditangkap.

Kuasai materi. Dengan menguasai materi, maka akan lebih focus dengan pokok pembicaraan. Tidak ada salahnya mengurutkan poin-poin penting yang akan dibicarakan sehingga pembicaraan tidak loncat-loncat atau bahkan melantur, sehingga membingungkan.

Buat desain visual yang menarik. Dengan kalimat yang mudah dibaca dan gambar serta grafik yang mendukung dan mempermudah penjelasan materi, selain juga ampuh mengusir rasa jenuh.

Lakukan kontak mata dan gunakan bahasa tubuh. Hal ini berguna untuk lebih meyakinkan pendengar dengan pembicaraan anda, serta untuk mengetahui apakah pendengar merasa jenuh atau tidak.

Buatlah presentasi sebagai suatu hal yang menyenangkan. Untuk itu sebaiknya sisipkan humor, cerita atau contoh yang sesuai dengan topic pembicaraan.

Jangan bersikap kaku. Bersikaplah rileks saat menyampaikan materi. Lagipula sikap rileks terbukti dapat membantu mengatasi rasa grogi, sehingga dapat lebih focus dalam berbicara.

Membuat salinan materi untuk seluruh pendengar presentasi. Dengan begitu, pendengar dapat lebih konsentrasi mengikuti alur presentasi.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: