Transaksi “online” yang benar-benar aman

3 03 2008

Hati-hati bila anda senang berbelanja melalui internet. Di dunia maya, banyak penipu ulung yang berusaha untuk menguras uang anda.

Caranya ?. tentu saja dengan mencuri informasi nomor kartu kredit., password atau informasi rahasia anda.

Phising adalah singkatan dari Password Harvesting Fishing, yang artinya tindakan memancing untuk mengumpulkan password. Kegiatan phising dapat dilakukan secara aktif dan pasif. Kegiatan phising yang dilakukan secara aktif adalah dengan mengirimkan umpan pancingan berupa e-mail. Tujuannya tentu saja untuk mencuri informasi penting anda.

Phising yang dilakukan secara pasif adalah kejahatan yang dilakukan tanpa langsung menyerang korbannya. Biasanya, penjahat dunia maya ini memanfaatkan pengunjung website yang sering salah mengetikkan alamat URL sebuah website dengan membuat halaman web palsu untuk memancing korbannya. Misalnya saja, kasus klikBCA ditahun 2001 yang lalu. Pengunjung website online banking yang salah mengetikkan www.kilkbca.co.id, akan terlihat tampilan yang mirip sekali dengan website aslinya www.klikbca.co.id.

Tentu saja, dengan adanya kejahatan ini, bukan berarti anda harus benar-benar menghentikan transaksi secara online. Berikut ini beberapa tip sederhana agar anda dapat terus melakukan transaksi online dengan aman dan nyaman.

  1. Langkah pertama dan yang paling penting, jangan coba-coba me-reply e-mail yang tidak jelas sumbernya meski e-mail tersebut terlihat familiar. Jika pesan yang anda terima terlihat penting sekali, sebaiknya segera hubungi Bank anda dan klarifikasikan pesan penting yang anda terima.
  2. Perhatikan nama institusi sumber e-mail dan link yang diperintahkan untuk anda klik, apakah link-nya menar-menar mengandung nama atau mengarah ke institusi tersebut?. Perhatikan juga kesalahan penulisannya. Sebagai contoh, jika anda menerima e-mail dari “citybank”, maka anda telah menerima e-mail phising.
  3. Jika anda melakukan transaksi di internet, pastikan website tersebut legal, menggunakan koneksi yang aman, dan memiliki sertifikat keamanan dari Master Card, VISA atau Verisign. Website yang aman dapat dengan mudah diketahui dari URL-nya, yakni dengan menggunakan HTTPS. Selain itu, akan terlihat icon gembok terkunci pada status bar web browser.
  4. Selalu mengakses internet banking dengan mengetik alamat website-nya pada web browser anda. Jangan pernah mengunjungi website yang berasal dari link dalam sebuah e-mail. Masalahnya, banyak orang yang malas mengetikkan link URL karena alasan hemat waktu.
  5. Jangan pernah melakukan transaksi perbankan di warnet atau computer yang digunakan bersama ditempat umum lainnya. Computer-computer tersebut bisa saja memiliki key loggers, yakni software yang merekam semua aktivitas anda. Dan pastikan anda selalu melakukan log off sebelum keluar dari website tertentu.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: