Tips membeli PC, sesuaikan dengan kebutuhan anda

3 03 2008

Ingin punya PC baru, tapi bingung memilih yang pas ?. Alternative pilihan memang banyak. Mau rakitan atau bermerek?. Mereknya global atau local?. Prosesornya Intel AMD?. Sistem operasinya Windows atau Linux?. Mau computer rakitan tapi tangguh, tersedia. Ingin yang bermerek dan paten, sudah jelas ada. Mereknya yang kelas nasional, pilihannya bahkan bisa lebih dari lima merek. Yang menyandang merek-merek dunia juga ada.

Nah, daripada pusing, inilah pegangan yang bisa menuntun anda keluar dari kerumitan masalah dan mendapatkan pilihan computer yang tepat untuk anda.

  1. Tentukan terlebih dahulu kebutuhan anda dalam berkomputer. Anda mau menggunakan computer yang ingin anda beli untuk keperluan apa?. Sekedar untuk mengerjakan pekerjaan kantoran (office application)?. Atau anda memerlukan untuk keperluan desain grafis, olah multimedia atau gaming?. Buatlah daftar yang cermat kebutuhan ini sebelum anda melangkah ke langkah berikutnya. Susunlah daftar kebutuhan tersebut beserta intensitas/frekuensi serta prioritas penggunaannya.
  2. Cari dan kumpulkan informasi selengkap mungkin. Anda bisa mendapatkannya dengan membaca majalah, Koran, tabloid yang khusus membahas seputar dunia computer. Bisa juga melalui situs-situs di internet atau ikut serta di mailing list. Alternative lainnya, bertanyalah ke kanan kiri kepada teman atau relasi yang lebih tahu. Mengunjungi pameran yang sering digelar di kota anda juga membantu mendapatkan informasi yang tepat. Bandingkan informasi yang satu dengan yang lain dan kemudian fokuskan pencarian pada spesifikasi computer yang anda butuhkan.
  3. Mulailah menyusun spesifikasi PC sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana. Setelah mendapat informasi yang cukup lengkap, anda bisa mulai membayangkan, seperti apa spesifikasi computer yang anda inginkan. Dengan dana yang tersedia dikantong, anda bisa memastikan hendak memilih yang rakitan atau yang bermerek, menggunakan prosesor Intel atau AMD. Pada tahap ini, seharusnya anda sudah mendapatkan spesifikasi hardware yang lengkap, termasuk sistem operasi yang anda gunakan.
  4. Kunjungi took atau vendor yang terpercaya. Datanglah ke toko dengan modal spesifikasi yang sudah anda tentukan dan jangan mudah tergoda untuk berpaling kepada spesifikasi yang ditawarkan penjual / penjaga toko. Bisa jadi, apa yang anda rencanakan akan berantakan bila anda tergoda oleh rayuan manis mereka. Dana bisa terkuras lebih besar, atau spesifikasi sesuai yang anda butuhkan tidak terpenuhi.

SELAMAT BERBELANJA


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: