Teliti sebelum membeli rumah

3 03 2008

Rumahku adalah istanaku. Kalimat tersebut menggambarkan betapa rumah menjadi tempat utama bagi pemiliknya untuk beristirahat, wujud aktualisasi diri dan menghabiskan waktu. Itu sebabnya, banyak orang yang berusaha terus menerus memperindah rumahnya atau mencari lokasi rumah yang baru. Banyak pula yang menjadikan rumah sebagai investasi jangka panjang.

Banyaknya pengembangan property di Indonesia saat ini dapat membingungkan. Semua memberikan penawaran yang menarik dan mengesankan. Selain anggaran yang dimiliki, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah :

  1. Lokasi. Penentuan lokasi rumah susah-susah gampang. Cari tahu tentang keamanan lingkungan daerah sekitar perumahan. Lihat juga pembangunan infrastruktur dan fasilitasnya, seperti jaringan jalan, lintasan kabel tegangan tinggi, letak sungai besar yang terdekat, letak lintasan kereta api dan rencana pengembangan kota, selain mempertimbangkan jauh dekatnya dengan tempat kerja, tidak banjir, tersedianya sarana air bersih, listrik dan transportasi. Akan lebih baik jika perumahan tersebut dilengkapi fasilitas sosial, seperti sekolah, rumah sakit, runah ibadah, telepon serta fasilitas hiburan berupa arena bermain anak, taman, bioskop dan pertokoan.
  2. Mencari alternative. Banyak-banyaklah mencari alternative perumahan agar mempunyai banyak masukan sebelum menemukan yang terbaik.
  3. Pengembangan rumah. Cari yang bereputasi bagus dan mempunyai surat-surat atau akta perjanjian jual beli yang dapat dipertanggungjawabkan. Tanyakanlah kelengkapan IMB dan surat-surat tanah (AJB, PHTB, SHM/SHGB).
  4. Kondisi rumah. Lakukan pengecekan langsung rumah yang diinginkan agar dapat lebih detail memeriksa keadaan rumah dan melihat kelebihan serta kekurangannya.
  5. Potensi perkembangan. Pertimbangkan nilai jual suatu rumah di masa yang akan datang sehingga anda harus pintar-pintar melihat potensi perkembangan suatu daerah perumahan. Ada tidaknya jalur transportasi yang semakin banyak dan mudah, sistem pengamanan rumah, pembangunan jalan atau pertokoan baru dapat mendongkrak nilai jualnya.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: