Panjang umur dengan vitamin F

3 03 2008

Konsumsi vitamin biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dari dalam tubuh kita sendiri. Misalnya, seorang yang menggunakan kacamata akan memilih lebih banyak mongkonsumsi vitamin A. Sedangkan bagi seorang perokok, akan lebih memilih vitamin C.

Tetapi, jenis-jenis vitamin tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada banyak jenis vitamin di dunia. Salah satunya adalah vitamin F. Mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang mendengar adanya vitamin F . Namun, apakah anda bena-benar sudah “kenal” dengan vitamin F?.

Vitamin F yang dapat menunjang hidup lebih panjang ini terdiri dari dua jenis asam lemak, yaitu asam linoleat (Linoleic Acid/LA) dan asam alfalinoleat (alpha-linoleic acid/LNA). Ternyata, banyak khasiat yang didapat dari vitamin F ini, antara lain meningkatkan pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan sel membrane, mengefektifkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, menyeimbangkan sistem hormonal serta menjaga kecantikan kulit agar tetap awet muda, kuku dan rambut terlihat lebih berkilau serta sehat.

Vitamin F banyak ditemukan didalam minyak zaitun, minyak jagung, minyak bunga matahari, kedelai, wijen, kacang-kacangan dan biji-bijian (seperti kacang polong, walnut, sesame dan biji matahari). Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan vitamin F di dalam buah alpukat, daging dan ikan (seperti salmon, trout, mackerel dan tuna).

Bila tubuh kekurangan vitamin F, maka dapat mengakibatkan kerusakan pada fungsi kerja jantung, ginjal, hati, kerontokan rambut, timbulnya penyakit kulit, gangguan penglihatan, mudah terinfeksi, dan keringat berlebihan.

Untuk amannya, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak antara satu sampai dua persen dari total jumlah kalori. Namun bagi penderita obesitas, penderita mata yang sering mengalami kekeringan atau infeksi, melakukan diet rendah lemak, kulit kering, dan kuku yang rusak harus mengkonsumsi vitamin Flebih banyak. Kombinasikan penggunaan vitamin F dengan vitamin B3, B6, C dan E untuk hasil yang maksimal.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: