Nyaman berkendara dengan interior bersih

3 03 2008

Bagi orang dengan mobilitas tinggi, mobil tidak hanya sebagai alat transportas, tapi juga bagaikan rumah kedua. Sebagai tempat untuk istirahat dan meyimpan segala keperluan, kabin mobil adalah hal yang utama.

Interior mobil sering menjadi hal penting bagi pemiliknya. Dari keindahan sarung mobil, karpet, atau langit-langitnya semua dapat memberikan kenyamanan bila dirawat dengan baik. Percuma bila mempunyai mobil dengan mutu dan harga tinggi, bila tidak diperhatikan.

Pertama, bersihkan seluruh bagian interior kabin mobil dari kotoran dan debu dengan menggunakan mesin penyedot debu. Bagian yang paling sering terkena noda adalah karpet dan jok.

Untuk jok, cara menghilangkan noda harus disesuaikan dengan bahan jok itu sendiri. Ada dua jenis jok, yaitu kain da kulit.
Untuk jok dari kain, gunakan mesin penyedot debu untuk membersihkan tahap awal. Bila ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan sikat dan sabun sampai noda hilang. Setelah itu, dikeringkan kembali dengan menggunakan penyedot debu.

Untuk jok dari bahan kulit, gunakan sabun bayi padat yang dicampurkan dengan air hangat dan ditumbuk menjadi cairan kental. Kemudian dengan menggunakan sikat halus gosokkan ke bagian yang terkena noda dengan hati-hati. Jangan menggunakan air karena justru dapat membuat permukaan kulit rusak menjadi kering dan kaku.

Lihatlah tingkat kelembaban di bagian karpet. Bila lembab, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Bila karpet menggunakan bahan wol, segera jemur hingga kering karena bila dibiarkan dapat menyimpan bakteri.

Sering kita lihat bagian langit-langit sebuah mobil berwarna kehitam-hitaman dan tidak bisa hilang. Noda ini merupakan efek dari debu dan noda yang tidak pernah dibersihkan selama bertahun-tahun. Untuk menghindari hal itu, gunakan semprotan khusus untuk mengangkat noda yang menempel dibagian langit-langit kabin, kemudian dilap dengan kain bersih.

Bersihkan pula bagian dashboard dan setirnya dengan menggunakan semir dari bahan khusus yang tidak lengket dan membuatnya terlihat mengkilap.

Kabin yang bersih akan terhindar dari bakteri, jamur dan memberikan kesegaran saat berkendara. Setelah melakukan itu semua, tambahkan wewangian ke dalam kabin mobil dan sebaiknya pilih aroma yang dapat memberikan sensasi relaksasi untuk menambah kenyamanan saat seharian berkendara.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: