Mengamankan data dengan USB Drive

3 03 2008

Cepatnya perputaran waktu dalam bisnis dan pekerjaan di dunia ini menuntut adanya efektivitas dan efisiensi dalam bekerja. Mobilitas tinggi inilah yang mendorong kemajuan perkembangan teknologi dibidang computer dan telekomunikasi yang menunjang keberhasilan dalam pekerjaan sehari-hari.

Salah satu adanya penggunaan USB (Universal Serial Bus) drive atau lebih dikenal dengan istilah flash disk, yang saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia. Bentuknya yang kecil sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, biasanya dengan cara digantugkan dileher, sehingga membuat banyak orang menyingkirkan pola penggunaan disket biasa. Walaupun bentuknya kecil, flash disk mampu menyimpan data hingga lebih dari 1 gigabyte. Berbeda sekali dengan disket yang hanya mampu menyimpan data maksimal sebesar 1,4 MB dan lebih rentan terkena virus computer. Selain itu flash disk juga dapat lebih tahan lama digunakan untuk menyimpan data dibandingkan dengan disket.

Saat ini terdapat USB drive yang mempunyai fungsi tambahan, yaitu Fnet HD-Power Lock. Perangkat ini tidak hanya berfungsi sebagai penyimpan data, namun juga sebagai pengunci data dengan membatasi akses ke harddisk. USB drive ini dapat bekerja seperti layaknya flash disk biasa dengan kapasitas 15,2 MB dan sebagai pengaman data di harddisk dengan menggunakan menu Lock Up Setup Utility.

Fnet HD-Power Lock mampu mengunci data hingga empat harddisk, baik yang bertipe parallel ATA maupun serial ATA. Setelah data dala harddisk dikunci, orang lain tidak akan dapat membaca, mengakses maupun memformat data.

Penggunaan perangkat inipun dapat digunakan untuk sistem operasi manapun. Disediakan pula fitur Hide Menu Screen agar saat booting layer tidak menampilkan pilihan untuk masuk ke menu utility ini dan password agar tidak ada orang lain yang dapat mengubah setting dan mengakses data yang telah anda simpan di dalam harddisk. Dengan begini, anda pun dapat lebih leluasa bila ingin meninggalkan PC yang menyimpan data-data penting.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: