Kiat belanja aman lewat internet

3 03 2008

Sering kali berbelanja sama saja dengan menghabiskan waktu seharian. Waktu untuk menuju dan pulang dari tempat belanjaan serta waktu untuk memilah-milah barang yang dinginkan.

Tapi kini, kita tidak perlu lagi bersusah payah. Dengan kemajuan teknologi, kita dapat berbelanja tanpa meninggalkan rumah sedikit pun. Dimana lagi kalau bukan melalui internet. Ada baiknya kita cermati bagaimana caranya berbelanja secara online ini.

  1. Cek dan ricek situs transaksi
    Cari tahu dulu reputasi penjual agar kita tidak menyesal membeli barang darinya. Dari situs internet kita dapat mengetahui profil perusahaannya, kebijakan perusahaan serta ranking yang diberikan untuk mengetahui seberapa bagus perusahaan tersebut. Cari tahu siapa pemiliknya, alamat dan nomor telepon pemilik. Selidiki dengan pasti apakah situs tersebut cukup aman untuk melakukan transaksi.
  2. Simpan informasi pribadi anda
    Jangan sembarangan memberikan segala informasi tentang anda. Cari tahu dahulu informasi apa saja yang dibutuhkan oleh penjual tentang anda, akan digunakan untuk apa dan apakah akan disebarkan atau dijual ke penjual lain. Kita dapat megetahuinya lewat situs internet dengan melihat kebijakan privasi yang diberikan oleh penjual tersebut. Berhati-hatilah apabila nada diminta untuk memberikan informasi yang tidak berhubungan dengan transaksi jual beli seperti nomor rekening bank atau nomor KTP.
  3. Tanyakan detail transaksi
    Jangan lupa bertanya secara detail tentang tanggal pengiriman barang, lama proses pengiriman, lama proses pengiriman, garansi, dan informasi lain yang anda butuhkan. Bacalah dengan baik informasi barang yang akan dibeli baik harga maupun kelemahan dan kelebihannya.
  4. Gunakan kartu kredit
    Sebaiknya gunakan kartu kredit dan rahasiakan password anda. Apabila barang tidak sampai, anda tidak perlu membayar tagihannya. Namun jangan berikan informasi apa pun tentang kartu kredit anda melalui email karena mudah disadap. Sebaiknya gunakan telepon atau melalui faks. Pastikan saat memasukkan data kartu kredit anda, halaman situs tersebut dalam SSL (Secure Socket Lawyer) artinya transaksi anda telah dilakukan secara aman.

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menyimpan semua bukti-bukti transaksi anda.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: