Era kebebasan nikmati musik

3 03 2008

Seiring perkembangan teknologi, kini manusia makin dimungkinkan untuk memanjakan telinga dengan musik kesukaan tanpa lagi dibatasi dimensi ruang dan waktu. Ekspektasi itulah yang kemudian membuat kebutuhan akan fleksibilitas perangkat hiburan dan musik digital semakin meningkat. Hal tersebut tercermin dari tingginya penjualan portable music player, baik CD player maupun MP3 player yang belakangan menjadi tren tersendiri di berbagai Negara, termasuk Indonesia.

CD player kini mungkin sudah agak ketinggalan zaman dibandingkan MP3 player yang dapat menyimpan sekitar lebih dari 1200 lagu dengan kapasitas 6 G, tanpa lagi memerlukan lempengan disc. Itulah sebabnya kini banyak orang yang senang mengkonversi musik atau lagu dari CD ke dalam file MP3 agar dapat lebih flaksibel dinikmati, baik dari computer atau MP3 player.

MP3 adalah satu bentuk penyimpanan informasi secara digital, khususnya file audio. Itulah manfaat file MP3, kualitas bagus dan ukuran file nya kecil, sehingga dapat tersimpan dalam jumlah banyak. Untuk urusan kualitas suara MP3, apakah sebagus suara dari CD, hal tersebut tergantung dari banyaknya lagu yang disimpan dalam bentuk MP3 dengan berbagai ukuran. Makin besar ukuran, tentunya makin baik kualitasnya.

Beberapa program seperti Windows Media Player (di PC) dan iTune (di Apple) dapat mengkonversi musik dari CD ke dalam file MP3 dengan mudah dan cepat. Program tersebut juga akan melakukan sebaliknya sehingga file yang berbetuk MP3 dapat di set ulang ke format semula dan direkam ke dalam CD dan dapat di dengarkan melalui CD player.

Namun hati-hati, bila anda memiliki kebiasaan men-download lagu-lagu tanpa bayar dari situs-situs tidak resmi, hal itu adalah perbuatan yang melawan hukum. Kini pihak industri rekaman di Amerika Serikat (AS) melakukan upaya penghambatan layanan tak resmi tersebut. Caranya dengan membuat orang yang men-download file musik gratisan itu kesal sehingga akhirnya mereka terpaksa membayar dilayanan resmi. Orang-orang yang men-download lagu dari seorang penyanyi terkenal misalnya, akan tertipu karena ternyata isi file tersebut hanyalah suara berisik.

Saat ini industri rekaman memang sangat peduli dengan masalah download file musik karena mereka tidak mau kehilangan uang yang disebabkan perilaku download tanpa layanan resmi.
Sebagai pecandu musik, anda tetap dapat menikmati musik melalui piranti musik digital portable tanpa merugikan hak-hak orang lain bukan?.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: