Diet bukan berarti sengsara

3 03 2008

Diet. Sebuah kata yang menjadi populer dalam satu dasawarsa ini. Banyak orang yang melakukan diet dengan berbagai tujuan. Ada yang untuk kesehatan, ada yang untuk kecantikan semata.

Namun banyaknya jenis diet yang dipopulerkan saat ini menimbulkan kebingungan bagi para pelaku diet, seperti jenis diet apakah yang lebih baik dan benar atau asupan karbohidat atau lemak yang harus dikurangi?.

Satu yang harus diingat oleh pelaku diet bahwa berdiet bukan berarti tidak boleh makan atau hanya boleh makan makanan yang tidak disukai. Yang terpenting adalah mengubah pola makan, seperti mengurangi porsi makan dan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Makanlah buah atau sayur yang anda suka sebanyak-banyaknya dan jadikan buah atau sayur tersebut sebagai cemilan “kebangsaan”.

Diet yang terbaik adalah mengurangi asupan kalori tanpa menghilangkan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Misalnya, mengurangi makanan berlemak adalah cara yang terbaik untuk mengurangi asupan kalori.

Berikut adalah tips diet yang paling sederhana yang dapat anda mulai dari hari ini :

  1. Makan berbagai jenis makanan yang mengandung banyak serat, seperti sereal, roti, sayur, buah dan roti lebih banyak dari biasanya.
  2. Makan semua lauk pauk yang direbus seperti ikan, ayam, tahu, tempe dan sebagainya.
  3. Pilih susu rendah lemak, potongan daging dan makanan yang mengandung sedikit lemak atau akan lebih baik yang tidak mengandung lemak sama sekali.
  4. Olahraga secara teratur.
  5. Kurangi garam, alcohol dam kafein.
  6. Untuk menahan godaan mengudap cemilan, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Berdiet juga bukan berarti menghilangkan kesempatan untuk bersenang-senang makan bersama orang-orang tercinta karena terpaksa berdiam diri tanpa makan apa pun bila berada disebuah restoran bersama mereka. Bila kesempatan tersebut datang dan sedang berdiet, ada baiknya melakukan hal ini :

  1. Memesan pizza dengan topping ayam atau daging, namun dengan sayur yang banyak.
  2. Memesan ayam panggang.
  3. Memesan air mineral atau susu segar daripada soft drink.
  4. Memesan burger ukuran kecil.
  5. Berbagi kentang goreng, tidak menyantap satu porsi sendirian seperti biasanya.
  6. Ganti kentang goreng dengan salad.
  7. Memesan salad, pilih saus yang rendah kandungan lemaknya.

Jadi, melakukan diet bukan berarti menyengsarakan diri. Tetaplah makan makanan yang mengandung nutrisi dan semoga diet anda berhasil.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: