Cara aman menderek mobil

3 03 2008

Mobil yang mogok dan tidak bisa diperbaiki di tempat merupakan sesuatu yang membuat kesal setiap pengendara. Apalagi jika tidak bisa menemui atau menghubungi jasa penderekan. Saat itulah anda membutuhkan kehadiran mobil lain, entah itu milik teman atau milik pengguna jalan lain, untuk menderek dan membawa mobil anda ke bengkel terdekat.

Penderekan memang menjadi satu solusi yang terbaik jika anda menemui masalah seperti diatas. Namun meski terdengar mudah, ada beberapa hal yang patut diperhatikan demi keamanan saat menderek.

  1. Mengetahui kapasitas GVWR (Gross Vehicle Weight Rating) atau berat maksimum yang dapat dibawa oleh mobil penderek adalah hal pertama yang harus dilakukan. Untuk itu jangan lakukan penderekan jika bobot yang akan dibawa nanti melebihi angka GVWR. Anda bisa mengetahui besaran angka GVWR ini pada buku manual mobil.
  2. Pastikan semua alat terpasang dengan baik pada masing-masing kendaraan, baik itu yang diderek maupun yang menderek. Tapi jika pada mobil tidak dilengkapi dengan fitur untuk menderek, ikatlah tali pada bagian rangka mobil, jangan pada bagian yang lain.
  3. Khusus untuk mobil yang akan menderek, periksalah tekanan angin pada ban. Kurangnya tekanan angin dan bertambahnya beban akan membuat ban mobil menjadi lebih cepat mengalami keausan.
  4. Demikian pula dengan kaca spion, pastikan agar pandangan pengemudi mobil penderek dapat melihat sampai ke ujung mobil yang diderek. Atur sedemikian rupa sudut spion untuk meminimalkan blindspot.
  5. Cara mengemudi pun harus diperhatikan, jangan sampai terjadi pengereman mendadak karena dapat mengejutkan mobil dibelakang. Demikian pula saat mulai menancap gas, usahakan selembut mungkin karena sentakan yang tiba-tiba dikhawatirkan dapat merusak rangka mobil.
  6. Terakhir jika mobil penderek menggunakan transmisi otomatis. Sangat dianjurkan untuk tidak memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Dan jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard untuk memberi peringatan kepada para pengguna jalan yang lain.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: