Bijaksana belanja dengan kartu kredit

3 03 2008

Kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan, dari keamanan sampai pembayaran cicilan bulanan minimal. Namun jangan mudah terbuai oleh iming-iming karena terkadang berakibat fatal, yaitu terjebak tumpukan hutang yang tak kunjung terlunasi.

Bunga kartu kredit yang ditawarkan tidaklah murah, saat ini berkisar antara 3-4 persen/bulan. Konsumen yang keenakkan berbelanja dan tidak disiplin dalam melakukan pembayaran bulanan bisa terlilit hutang yang kian menumpuk. Perhitungan bunga yang berlaku adalah prinsip bunga berbunga, sehingga bunga bulanan yang sekitar 3-4 persen/bulan dapat tumbuh mencapai lebih dari 40 persen. Tentunya hal ini sangat memberatkan konsumen bila tidak cermat dan bijak dalam memanfaatkan kartu kredit, sehingga sebaiknya :

  1. Cari tahu sebanyak mungkin informasi kartu kredit yang akan dipilih : fasilitas apa saja yang bisa dinikmati, besarnya biaya-biaya yang dikenakkan, informasi tingkat suku bunga untuk belanja dan pengambilan tunai, perhitungan bunga kartu kredit, tenggat waktu dan masa jatuh tempo tagihan (semakin lama tenggat waktu jatuh temponya, semakin besar keuntungan pemegang kartu kredit).
  2. Disiplin menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit seharusnya sudah dianggarkan dalam keuangan, ibarat menggunakan uang tunai tapi dengan kelebihan tenggat waktu.
  3. Mengalihkan pengeluaran-pengeluaran rutin, seperti bayar telepon, listrik, dan lain-lain ke dalam kartu kredit.
  4. Kecuali benar-benar darurat, jangan mengambil uang tunai melalui ATM dengan kartu kredit karena selain bunganya besar, beban biaya dan penerapan perhitungan bunganya langsung.
  5. Jangan hanya membayar cicilan minimum setiap bulan karena dengan perhitungan bunga berbunga, maka bunga utang kartu kredit anda bisa lebih dari 40 persen.
  6. Batasi kepemilikan maksimal 3 kartu kredit dengan kegunaannya masing-masing.

Kartu kredit memiliki banyak sekali kemudahan, tetapi bersikaplah bijak agar tidak terlilit hutang yang berkepanjangan. Perlu diingat bahwa prinsip kartu kredit merupakan hutang jangka pendek, sehingga usahakan pelunasannya kurang dari 3 bulan, mengingat besarnya bunga yang harus di bayar.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: