Merawat monitor agar tahan lama

3 03 2008

Boleh dibilang monitor computer adalah barang yang jarang menemui masalah. Tapi bukan berarti anda bisa mengesampingkan perawatannya. Padahal dengan perawatan yang sederhana dan waktu yang singkat tidak mustahil monitor anda akan bertahan sangat lama.

Monitor yang baik dan jernih akan semakin memudahkan pekerjaan. Lagipula, saat ini telah terjadi peralihan fungsi pada monitor. Selain untuk menampilkan program atau hasil kerja anda, monitor kini juga dapat berfungsi untuk hiburan seperti menonton film atau siaran televisi. Untuk itu, mengingat betapa besar manfaat yang bisa didapatkan dari monitor ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Biasakan untuk mencabut kabel power supply komputer atau monitor dari sumber listrik (stop kontak) jika computer sudah tidak lagi digunakan. Hal ini dimaksudkan agar sumber listrik tidak lagi mengalir ke monitor, sehingga monitor dapat beristirahat.
  2. Kalau anda ingin meninggalkan computer untuk beberapa saat, sebaiknya matikan monitor terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan cara menyetel computer untuk memindahkan monitor dalam keadaan stand by secara otomatis jika dalam selang waktu tertentu anda tidak melakukan aktivitas apa-apa pada computer.
  3. Besyukurlah anda yang meletakkan computer dalam ruang ber AC karena suhu AC yang sejuk bisa mendinginkan komponen-komponen elektronik yang ada di dalam monitor. Tapi perhatikan tempat anda menaruh monitor, jangan sampai ketetesan air AC malah jatuh ke dalam monitor karena bisa terjadi hubungan arus pendek.
  4. Bagi yang tidak menggunakan AC, pastikan saja di ruang tempat anda meletakkan monitor dan computer memiliki sirkulasi udara yang baik. Disarankan untuk menambah kipas kecil di atas monitor supaya udara panas yang ada didalamnya bisa segera keluar.
  5. Rajin-rajinlah untuk membersihkan monitor, tak perlu repot-repot hanya dengan mengibaskan bulu ayam di seluruh permukaan monitor. Kalau punya waktu lebih gunakan pula kain dan compound khusus untuk computer agar monitor anda bisa tetap mengkilap dan sedap dipandang.

Dengan perawatan yang sederhana tadi semoga monitor anda awet dan tahan lama.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: